Jumat, 28 November 2014

AADC (Ada Apa Dengan Coffee)

Posted by Mporatne on 01.49.00 with No comments


Suatu hari ku bertemu dengan sahabtku di sebuah café .tapi kali ini wajahnya tampak sendu tak Nampak wajah ceria seperti biasa . saat ku Tanya apa yang terjadi padanya . ia bercerita bahwa sudah beberapa hari yang lalu ia dipecat karna dianggap tak gesit lagi akibat kecelakan motor. Tanpa ia sadari air mata menetes dipipinya dan ia berkata:”ia tak sanggup lagi hidup dan rasanya ingin mengakhiri saja hidupnya”. Ia sangat bingung bagaiman melanutkan hidupnya ,memenuhi sgala kebutuhan hidupnya dan keluarganya dan kalo melamar apakah masih ada perusahan yang menerima kerja dengan kekurangan pada kakinya.




kue kopi  &segelas kopi panas tanpa gula

Dari pembicaran kita ditemani secangkir kopi yang kita minum ku menjadi tahu kalo aku adalah orang yang pertama tahu apa yang menimpa dirinya baik suka dan duka . dari secangkir kopi pulalah ku bisa menenangkan dirinya yang sedang sedih.

pertemuanku dengan sahabatku terus membayangi pikiranku  dan bahkan aku sangat was was pada dirinya …aku takut ia berbuat nekad dan memilih mengakhiri hidupnya karna beban hidup yang berat .

disaat tengah malam aku online sedang mengerjakan sebuah deadline yang harus selesai ku kerjakan esok hari. Dengan secangkir kopi yang menemaniku untuk mengusir rasa kantuk ku sampai akhirnya teman onlineku membuat postingan status dapat kiriman brownies dari saudaranya dibandung.  Aku yang membaca berpikir enak ya malam ini secangkir kopi panas dan sepotong brownies. Disaat itu pula aku menemukan sebuah ide dan langsung saja ku sms sahabatku bahwa ku akan datang kerumahnya akhir pekan ini.

di hari minggupun tiba ku datang membawakan oleh oleh untuknya ….ku disuguhkan secangkir kopi panas tanpa gula . dari bincang bincang kami ku langsung saja mengutarakan maksud tujuan ku datang kesini.
Ku bilang :“jangan menyerah kawanku …tuhan memberimu musibah pasti ada hikmahnya …. Ini ku bawakan oleh oleh untukmu . siapa tahu ini bisa membangkitkan semangat hidupmu”.
Lalu ia membuka bungkusan yang ku berikan tampak kaget diwajahnya. Dan ia berkata “ buat apa ini smua aku tak mengerti”.
ku menjawab: “ kita sudah mengenal sejak smp sampai sekarang ku tahu  kau jago makan,jago menebak terbuat dari bahan apa saja kue ini & jago mengkritik sebuah makanan jika kurang sesuatu nah itulah modalmu . aku hanya membantumu untuk menyalurkan hobi makanmu dan hobi masakmu. Ayo sahabat cobalah membuat kue …ku yakin kau bisa ….ini ku bawakan timbangan , bahan bahan kue (gula, tepung, telur, mentega dll) dan ku bawakan resep “. Aku ingin aku jadi pelaggan pertama mu yang akan pesan padamu dan menjadi pelanggan setiamu…untuk kali ini ku ingin kau bikinkan resep dari nenekku yaitu kue kopi. Aku kangen sekali dengan buatan nenekku ini …biasanya kue ini menemani saat kakek baca Koran dan aku suka sekali makan kue ini bahkan aku ingat betul aku suka mencurinya dari piring kakek.

dengan sigap kami akhirnya ke dapur membuat kue resep dari nenekku …. Beberapa jam kemudian kue matang dan kami mencobanya …ternyata hasilnya rasanya berbeda sekali dengan buatan nenek ku zaman dulu  tapi tak apalah untuk yang pertama kali mencoba bikin kue. Setiap minggu aku datang kerumah sahabatku untuk memformulasikan kue yang enak seperti nenek ku buat dulu. Ada kalanya kami merasa putus asa tapi ku ingat akan filosofi kopi yang diajarkan nenekku dulu “dalam meracik menjadi sebuah kopi bukan hanya menuangkan air panas dalam gelas tapi perlu racikan tepat dan teknik yang pas agar kopi tersebut bisa menggeluarkan aroma  harum sehingga enak untuk dinikmati”. Dari filosofi itu kami perlu racikan tepat dan teknik yang pas agar kue kami enak . sampai akhirnya kami yakin bahwa kue ini enak dan layak kami dijual.

syukur puji kepada tuhan akhirnya sahabatku kembali ceria bahkan ia sudah menerima pesanan  untuk acara acara dan ia makin rajin berinovasi dalam membuat kue. Bahkan ia berkata “ kalo kopi lah yang bisa membangkitkan semangatku....kan ku ingat filosofi kopi  dari nenekmu agar tak gampang meyerah dalam hidup ini dan buatlah harum namamu dalam menjalani kehidupan ini menjadi lebih berarti . karna harumnya kopi bisa membuat orang lain yang mencium aromanya bisa ingin meminumnya”.teman -teman yang ingin membuat resep kue kopi kacang resep dari nenekku bisa dibaca di http://simporatnepoenyecerite.blogspot.com/2014/11/resep-aadc-ada-apa-dengan-coffee-bagian.html

#dibaliksecangkirkopi

0 komentar:

Posting Komentar