Selasa, 16 Februari 2016

menentukan jenis kelamin baby berdasarkan rasa rujak

Posted by Mporatne on 20.19.00 with No comments


Mendapatkan keturunan adalah anugrah yang berharga bagi pasangan suami istri. Oleh karena itu saat seorang calon ibu dinyatakan positif hamil maka ia akan menjaga kandungannya sampai waktunya melahirkan.


Ada ritual yang biasanya dilakukan masyarakat orang Indonesia yaitu mengadakan selamatan sebagai tanda syukur bahwa calon sang bayi telah tumbuh berkembang di rahim sang ibu selama 7 bulan kandungan dan semoga kelahirannya lancar. Ada pula yang melakukannya saat usia kandungan 4 bulan hal ini karna menurut ajaran islam dimana ruh sang bayi ditiupkan malaikat pada usia calon bayi 4 bulan.

Ritual selamatan 7 bulan  ataupun 4 bulanan adalah ritual yang berdasarkan ritual  budaya yang biasa dilakukan masyarakat orang Indonesia. Dimana dalam ritual tersebut dibacakan shalawat nabi Muhammad S A W, dibacakan maulid nabi, dibacakan ayat ayat suci alquran seperti surat yusuf dan surat maryam.

Selain ritual pembacaaan doa agar sang calon bayi  dan calon ibu sehat,selamat sampai melahirkan ada pula ritual membuat rujak 7 bulanan.

Rujak 7 bulanan adalah rujak yang dibuat khusus untuk acara 7 bulanan. Rujak ini terdiri dari 7 macam buah diantaranya: jeruk bali, apel, anggur, papaya mengkel, delima, bangkuang, mangga/kedondong.
yang diberi sambal rujak yang terdiri dari cabe rawit merah, cabe keriting, asam jawa, gula jawa, sedikit terasi, gula dan garam .

Ada mitos saat kita mencicipi rujak 7 bulanan yaitu jika rasa rujak 7 bulanan terasa manis maka calon bayi yang akan lahir berjenis kelamin perempuan, sedangkan jika calon bayi yang akan lahir laki laki di tandai dengan rasa rujak yang pedas. Jadi boleh percaya boleh tidak itulah keanegraman adat budaya Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar