Kamis, 12 Februari 2015

WHEN MY SON FALLING IN LOVE ; pengalaman saat makan buah lokal bersama anakku

Posted by Mporatne on 00.17.00 with No comments


Saya sangat menyukai buah local bahkan saya menanamnya di rumah seperti ceremai,gohok. senang rasanya saat panen tak hanya buat dikomsumsi saya sekeluarga tapi juga saya bagi bagikan ke tetangga. Sebetulnya awal mulanya saya menanam pohon buah di rumah karna anak saya. Suatu hari ia bertanya : mah emang ada buah gohok….bentuknya kaya apa sih dan rasanya gimana? Dari pertanyaan sederhana itulah awal saya berpikir untuk menanam sendiri . memang ku akui tak mudah mendapatkan bibit pohon yang sudah langka ,,,,kebetulan saya dapat dari departemen pertanian yang sedang mengadakan pameran di monas dan membagikan bibit buah local . dari bibit itulah kemudian saya tanam , rawat dan sirami setiap hari bahkan anak saya pun turut membantu merawat. Dalam menanam pohon perlu ketelatenan,kesabaran untuk menghasilkan buah yang baik. Sampai akhirnya tumbuhlah buah gohok dan akhirnya anak ku bisa memegang,merasakan rasanya gohok . buah gohok saat matang rasnya manis dan kalo dikomsumsi belum matang rasanya sepet. untuk menimati buah di pohon yang saya tanam saya perlu waktu makanya saya suka membeli buah lokal merk sunpride untuk saya komsumsi dirumah.

banyak cerita yang menurut saya unik , lucu dan menarik yang harus saya tulis si blog ini karna sayang kalo cerita tersebut tidak di dibagikan untuk bahan pembelajaran bagi kita semua. bagi saya dan keluarga sangat menyukai buah local karna:
1. Buah local memiliki ciri khas baik rasa …bentuk dan cara makannya hal ini tak terdapat dalam buah import seperti buah:
*apel malang
  apel malang berwarna hijau  memiliki bentuk bundar kecil dibandingkan apel import …rasanya apel malang yang asem membuat yang makan terasa seger.
*buah naga
  buah unik dengan biji yang banyak yang rasanya manis.
(anakku sempat kebingungan waktu ku beri buah naga  …ia bingung cara mengupasnya dan cara memakannya makanya ia mencungkil bijinya satu persatu ...pas aku melihatnya ku beritahu ia bahwa bijinya langsung dimakan saja.
*jambu biji
 (anakku sangat bingung dan ketakutan saat mau makan jambu biji …ia bingung apakah biji di tengahnya harus dibuang atau bisa dimakan langsung dan nantinya apakah biji tersebut akan tumbuh didalam perutnya? Dengan penjelasan dariku akhirnya ia tahu bahwa boleh memakan langsung jambu biji bersama bijinya dan nantinya biji tersbut tidak akan menjadi tumbuh dibadan kamu tetapi ia akan keluar bersama veses/ kotoran .

2. Bisa mengkreasikan menjadi masakan lain
* Buah local bisa dijadikan manisan.
saat kami sekeluarga mau piknik saya sudah menyiapkan manisan buah dari guavana cristal. Agak kaget anakku ternyata buah guavana cristal bisa dijadikan manisan . ku membuat manisan sendiri tanpa ada tambahan pengawet cukup ditambahkan gula pasir saja …hasilnya anakku senang dengan manisan guavana cristal yang rasanya manis dan garing .
* buah lokal bisa dijadikan kripik buah.
saat suamiku mendapat paket buah pisang kepok merk sunpride dalam jumlah yang banyak dari bos nya dikantor lalu saya mempunyai ide untuk membuat kripik buah dari pisang kepok. saat anakku makan dan mencobanya ia sangat suka.
* buah bisa dijadikan selai.
aku juga suka buah membuat selai nanas sendiri dirumah . mengapa aku suka membuat sendiri karna aku yakin akan kualitas buahnya dan pastinya tak ada pakai bahan pengawet.
* buah bisa goreng/dikolak/juice/cake.
manfaat buah lokal tak hanya dikomsumsi langsung tapi juga bisa di goreng/di kukus/di kolak atau dijadikan cake . itu semua tergantung pada pada kreasi seorang ibu mengelolah buah lokal .
* buah lokal di jadikan toping cake
aku suka memanfaatkan buah lokal untuk toping pada cake yang ku buat selain menambah cantiknya cake ku juga yang memakainya  jadi selera makannya. ada sedikit tips dariku jika ingin mengunakan buah lokal sebagai toping  yaitu: setelah dipotong buah lokal langsung dimasukan dalam air dingin yang diberi cuka sedikit .

3. Buah local bisa mengobati penyakit.
    setiap buah pastinya memiliki manfaat yang dikandung dari buah tersebut .hal itulah yang saya selalu jelaskan kepada anak saya agar ia mengerti dan mengetahui manfaat bagi tubuh diantaranya.
    saat teman sekolahnya kena sakit DBD ….kami sekeluarga menjekuknya …sebelum sampai kerumah sakit kami mampir ke carefur untuk membeli buah buahan . saat memilih milih buah anakku mengambil buah apel import dan anggur lalu ku bilang pada anakku , harusnya kamu mengambil guavana karna bagus untuk meningkatkan trombosit darah bagi penderita DBD.
   saat musim hujan seperti sekarang ini saya dan keluarga selalu menyediakan jeruk dirumah agar meningkatkan imunitas dan metabolisme karna didalam jeruk ada vitamin c

4.buah yang bisa dimanfaatkan untuk malatih kreativitas anak.
   Buah local bisa dimanfaatkan untuk melatih kreativitas anak hal ini tidak terdapat pada buah import .
beberapa waktu yang lalu saat kami memakan semangka lalu sang anak ingin membuang kulitnya dengan kreasi ku akhirnya ku ajarkan ia membuat mobil mobilan dari kulit jeruk semangka .
aku juga suka bermain dengan anakku dengan buah local seperti membuat pohon natal dari buah semangka

5 mengkomsumsi buah local meningkatkan petani local.
   ada pertanyaan anakku yang menurutku itu sangatlah pintar saat ia bertanya padaku sebuah pertanyaan sederhana yaitu: mama …kenapa kita harus memilih &mengkomsumsi buah local ? lalu ku jawab dengan bahasa yang ia mengerti yaitu: setiap buah yang kita makan pasti ada orang yang menanamnya yaitu petani .dengan mengkomsumsi buah local maka petani petani itu akan menambah penghasilnya.

6. buah lokal bisa dijadikan pupuk organik
biasanya kulit buah lokal seperti nanas, pisang , apel,jeruk ,semangka  merk sunpride tidak pernah ku buang ke tempat sampah . biasanya ku potong potong menjadi kecil lalu ku masukan ke tong khusus dan ku buat kompos organik. dari kompos organik itulah tanaman yang ada dihalaman rumahku jadi subur.

7 buah local fresh
   anakku bertanya padaku kenapa buah local tidak selalu ada padahal aku ingin memakannya? Ku jawab karna setiap pohon ada masa berbuah dan ada masanya tidak berbuah makanya saat saat kamu mau makan buah local kamu harus tunggu masa matang buah . buah local tidak seperi buah import yang selalu ada karna buah import itu memakai pelapis lilin agar buah tidak cepat busuk.

sejak aku rajin memperkenalkan buah local pada anakku sekarang ia jatuh cinta pada buah local . aku pun memilih buah local yang berkualitas yang bermerk sunpride http://www.sunpride.co.id

mengapa saya memilih sunpride karna kualitasnya buahnya baik dan saya sendiri tak pernah makan /menemukan buah sunpride yang saya dan keluarga komsumsi dalam keadaan busuk.kebersihan buah itu sendiri (buah sunpride selalu bersih sehingga enak dipandang mata tidak seperti kalo kita beli di pasar tradisonal)sudah pasti kandungan buahnya terjaga dan kualitas buahnya baik . varian buah lokal sudah banyak tak hanya pisang canvendish tapi juga menjual buah lokal lainya seperti apel malang, lemon cul, pisang mas,pisang ambon, pisang barangan,pisang tanduk,pisang kepok,pisang raja bulu,jeruk keprok,jeruk siam madu, buah naga,semangga . soal harga bagi saya dan keluarga harganya tak jauh berbeda dengan harga yang ada dipasaran dan sudah banyak dijual di supermarket dan mini market sehingga saya tak kesulitan untuk mendapatkannya dan mengkomsumsinya. dan pastinya saya dan keluarga tak perlu cape cape untuk menanamnya untuk menikmati buah  .




Categories:

0 komentar:

Posting Komentar