Senin, 12 Oktober 2015

SI EXTRA BESAR, EXTRA PUAS SI BAKPIA GORONTALO

Posted by Mporatne on 01.01.00 with No comments


Tanggal 11 october 2015 Semalam dapat paket bakpia gorontalo dari seorang teman. Hem pertama tama agak binggung, apa benar ada bakpia di gorontalo?bukankah bakpia patok terkenal di Yogyakarta? Hem penasaran akan kue satu ini.

Saat aku dikasih bakpia gorontalo dari seorang teman pas aku sedang kumpul kumpul dengan temanku dan langsung saja aku gelar bakpia tersebut buat di cicipi bersama teman teman. Lalu aku pulang dulu mau ambil kamera buat dokumentasi …eh tahu tahu tinggal dua biji aku di sisain sama teman teman. Bakpia gorontalo yang ku makan bermerk bakpia EXTRA

Aku sebenaranya sudah mencicipi bakpia patok dari Yogyakart.saat wisata religi 10 tahun yang lalu dan melihat langsung proses pembuatan bakpia patok di sebuah perusahan bakpia yaitu  bakpia 25 di yogyakarta. Selain bakpia 25 aku juga pernah mencicipi bakpia 75 (yang menurutku sih lebih enak 75 daripada bakpia 25 karna saat ku membeli bakpia 75 rasa keju, aku merasakan lebih gurih karna berasa susu dan keju) 

Kalo ditanya kenapa di gorontalo ada bakpia? Aku juga kurang mengerti apa alasan para pengusaha kuliner di gorontalo membuat bakpia, apakah terinspirasi dari bakpia patok sehingga mereka juga bikin bakpia yang serupa baik rasa yang beda hanya penampilan dan ukuran yang lebih besar sehingga bisa dibuat buah tangan bila pulang dari gorontalo.

Kalo ditanya apa pembeda dari proses pembuatan bakpia patok Yogyakarta dan bakpia gorontalo? Maka ku jawab seperti yang ku tulis diatas bahwa bakpia patok Yogyakarta aku pernah melihat langsung proses pembuatannya dan aku tak pernah melihat proses pembuatan bakpia gorontalo sehingga aku tak bisa membedakan kedua bakpia ini dari proses pembuatannya.

Karena saat ini aku sedang mencoba mencicipi bakpia patok gorontalo maka aku akan membahas yang terdapat pada bakpia gorontalo. 

RANGKUMAN BAKPIA GORONTALO MENURUT VERSI KU
DALAM SEGI
BAKPIA GORONTALO
Kulit
·         Pas ku sentuh dan ku kopek-kopek Bakpia gorontalo dilapisi dengan kulitnya sedikit, lebih tipis di setiap lembaranya dan lebih crispy/garing bila digigit.
·         Saat di cium ada rasa bau amis dari kulitnya, aku merasa bau aroma telur.
Penampilan
·         Kalo dilihat dari kasat mata penampilan bakpia gorontalo lebih higeinis karna ada plastic luar yang akan membungkus di setiap satu butir kue bakpia gorontalo ini. Selain dari higenis kita bisa merasakan manfaat lain dari plastic yang membungkusnya yaitu saat kulit bakpia jatuhan maka akan ditampung /tidak berceceran dengan adanya plastic ini.
Rasa

·         Kebetulan aku makan bakpia gorontalo yang rasa coklat. Saat dipegang  coklat luarnya teras keras dan kaku tapi begitu di belah tengahnya maka coklat tersebut terasa lembut dan lumer. Pas dicicipi rasa coklatnya manis, terasa coklatnya , tidak berasa pahit dan pastinya dari coklat berkualitas
Ukuran
·         Aku melihat Lebih besar dari bakpia patok Yogyakarta
·         Aku melihat Diameter lebih besar dari bakpia patok yogyakarta
Kesimpulan
Lebih puas makan bakpia gorontalo karna dari segi rasa lebih banyak coklatnya, dari segi kulit lebih garing, tipis dan ukurannya bikin puas .

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar